Kenali freon AC anda!

Freon atau zat yang memiliki nama ilmiah refrigerant ialah senyawa kimia berupa gas yang digunakan sebagai fluida untuk menyerap beban pendingin ruangan atau tempat-tempat lain yang ingin dikondisikan suhu udaranya. Freon AC yang berfungsi untuk mendinginkan ruangan memiliki beberapa tipe, antara lain:

1. Freon R22
Jenis freon yang satu ini memiliki potensi pemanasan perusakan ozon senilai 0.05 jika dibandingkan dengan jenis freon lainnya yang hanya bernilai 0. Kelebihanya, freon jenis ini tidak mudah terbakar. Namun, di negara kita ini, Indonesia, peraturan pemerintah melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan nomor (41/M-IND/PER/5/2014), (40/M-DAG/PER/7/2014) dan (55/M-DAG/PER/9/2014) mengemukakan bahwa sejak tahun 2015 lalu, freon dengan jenis R22 ini dihapus dan tidak diizinkan untuk digunakan lagi. Oleh karena itu, semua pabrik AC di Indonesia dilarang memproduksi, mengimpor atau bahkan menjual produk AC yang masih menggunakan jenis freon R22 ini.

2. Freon R410A
Jenis freon AC ini biasanya digunakan di tipe AC inverter. Berbeda dengan jenis freon R22, freon jenis ini tidak memiliki potensi perusakan ozon namun untuk potensi pemanasan global. Freon AC jenis ini memiliki nilai yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis R22. Jasa Service AC yang dimiliki Freon ini sama dengan freon jenis R22, yaitu tidak mudah terbakar.

3. Freon R32
Daikin ialah orang yang menemukan Freon jenis ini di Jepang pada tahun 2012. Kemudian, pada tahun 2003, mulai digunakan di line up AC. Jenis freon yang satu ini lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan freon jenis R410A dan memiliki potensi pemanasan global yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis dua Freon AC diatas. Freon jenis ini memiliki potensi yang mudah terbakar, namun freon jenis ini masih aman untuk digunakan untuk AC rumah tangga.

Untuk pemanasan global, Freon R32 dianggap mampu mengurangi tingkatannya sebesar 75%, karena jenis freon ini tidak merusak lapisan ozon bumi dan mampu menurunkan tingkat pembuangan karbon dioksida, serta mudah didaur ulang.

Seperti contohnya AC Gree Deluxe Low Watt C3. Produk unggulan yang termasuk AC hemat listrik dan Eco Friendly dari Gree ini pun sudah menggunakan freon R32 yang memiliki efisiensi tinggi. Hal tersebut menyebabkan produk ini ramah lingkungan. Di dukung lagi, AC Gree C3 hanya berdaya listrik 290 Watt, dan menjadikannya AC low watt dengan daya listrik terendah di antara produk AC low watt lainnya. Penghematan listrik pun tidak bisa ditawar lagi.

4. Freon R290
Jenis freon yang satu ini memiliki potensi pemanasan global yang paling rendah jika dibandingkan dengan jenis freon lainnya. Namun karena angka index dinginnya yang cukup rendah dan tingkat mudah terbakarnya yang cukup tinggi, sehingga banyak perusahaan AC yang memutuskan untuk tidak menggunakan freon AC jenis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *